Pernahkah Anda tersesat di suatu tempat yang baru saja dikunjungi? Atau pernahkan Anda tak dapat menentukan arah mata angin yang tepat? Hal ini dapat saja terjadi terutama jika Anda sedang berkemah di pegunungan, di tengah hutan, atau di laut ketika sedang mengarungi perairan.

Oleh karena itu kita memerlukan suatu alat yang dapat memandu kita agar tidak tersesat. Alat tersebut bernama Kompas. Apa sih Kompas itu?.




Pada prinsipnya, kompas bekerja berdasarkan medan magnet sehingga jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara-selatan (meskipun utara yang dimaksud disini bukan utara yang sebenarnya, tapi utara magnetis). 

Ya, jarum kompas mengalami penyimpangan akibat adanya arus listrik di sekelilingnya (yang mengakibatkan adanya medan magnet).


Ah entahlah, aku ternyata tertarik mengoleksi alat ini ketika jalan-jalan di klitihikan. Kompa ini cukup elegan, dengan sarungnya dari kulit asli. Setelah kubaca-baca, labelnya masih lengkap kompas ini produksi Taiwan. Kondisi cukup mulus dan masih berfungsi normal.
Rp 300.000


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top