Slide Projector Jaman Kuno. Dahulu orang orang cukup repot untuk bisa berkomunikasi mempresentasikan sebuah gambar.

Kemudian diciptakanlah alat yang bisa menampilkan gambar dengan mudah, besar, dan jelas.


Dahulu orang mengenalnya dengan nama proyektor. Proyektor adalah sebuah alat yang dapat menampilkan gambar di sebuah layer proyeksi atau permukaan datar.

Sewaktu kecil dulu, kita kerap nonton tayangan menggunakan slide.

Yah, gambar mati yang harus dijelaskan oleh omongan si penyaji.

Satu per satu gambar ditampilkan dengan memasukkan film semacam klise foto ke proyektor.

Jika ingin gambar yang lain, tentu ganti dulu klise-nya...

Saya berburu ke sana ke mari, syukurlan akhirnya menemukan juga alat jadul itu.

Mereknya Kodak "Slide projector Seri 2A tahun 1939". Ahhh... sangat jadul dan antik sekali.

Sungguh menyenangkan mendapatkan alat jaman sebelum saya lahir masih dalam kondisi utuh, lengkap dengan kotak wadahnya yang antik--meski sudah agak usang.
Dasar keluaran lama, meski usang namun karakter kekokohannya masih sangat nampak.

Saya pun langsung menerawang...

Ternyata apa yang saya lihat selama ini, dari yang sempat akrab kita lihat sebagai Over Head Projector (OHP) hingga sekarang Digital Light Processing (DLP)--asal usulnya dari slide projector jadul ini!



Tak banyak pastinya, barang ini yang tersisa kini. Beruntung saya masih menemukannya.




Rp 1.000.000

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top