Telepon merupakan kombinasi dari dua bidang keilmuan yaitu listrik dan akustik. Meskipun penemuan telepon biasanya dikreditkan kepada Alexander Graham Bell, banyak penemu yang bekerja pada masalah yang sama sepanjang tahun 1860-an dan 1870-an.

Telepon ditemukan pada tanggal 10 Maret 1876, saat Graham Bell berbicara dengan rekannya dan mengucap, "Mr Watson, kemarilah, aku ingin melihatmu."

Ceritanya, sejak usia 18 tahun, Bell telah meneliti gagasan bagaimana mengirimkan dan mentransfer perkataan. Tahun 1874 saat dia mengerjakan telegraph, dia mengembangkan gagasan dasar yang baru bagi telephone. Percobaan yang dilakukannya bersama asistennya Thomas Watson akhirnya terbukti berhasil pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yang ditransmit adalah: "Watson, come here; I want you."

 Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone ke seluruh dunia ia lakukan. Akhirnya ia pun mendirikan perusahaan Bell Telephone Company pada tahun 1877.

Singkat cerita, model-model telepon pun berkembang dari Eropa hingga seluruh dunia. Telepon gaya eropa kini hanya tinggal kenangan. Gaya elegan dan keantikannya sungguh menakjubkan.

Saya kebetulan menemukan retro telepon antik model Eropa itu dalam kondisi cukup terawat, kecuali angka dan huruf dalam tuts sudah luntur karena dipakai lama. Bahan dari kayu dan kuningan.


(sold out) 

Trims Semarang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top